11 September 2017

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar 2017

A d v e r t i s e m e n t s

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar 2017 - Bagi teman-teman semua yang sebentar lagi akan menyelesaikan pendidikannya baik itu tingkat SMA/SMK maupun yang sudah akan menyelesaikan kuliahnya biasanya mulai terlintas dalam hati dan fikirannya tentang mencari lowongan kerja terbaru atau melamar kerja. Dan tidak sedikit juga dengan yang telah lebih dahulu lulus sekolah atau lulus kuliah yang saat ini masih dalam proses mencari pekerjaan sesuai dengan yang diharapkannya. Sebelumnya admin mendoakan semoga teman-teman semua yang saat ini sedang dalam proses untuk mendapatkan pekerjaan impiannya, dapat segera meraihnya. Aamiin.

Surat lamaran kerja merupakan hal yang pada umumnya wajib dibuat oleh para pelamar kerja. Dan surat lamaran kerja yang baik dan benar tentu menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pelamar kerja. Jangan sampai HRD atau pimpinan perusahaan yang teman-teman lamar langsung menyingkirkan berkas lamaran kerja yang teman-teman kirim hanya karena surat lamaran kerja yang teman-teman buat salah, baik dalam hal penulisan maupun hal-hal lainnya. Sebenarnya sudah terdapat begitu banyak informasi mengenai contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang tersebar diinternet yang, jadi tulisan kali ini boleh dibilang sebagai pelengkap saja.

Surat lamaran kerja sendiri dapat teman-teman buat dengan menggunakan mesin ketik ataupun ditulis manual menggunakan tangan. Informasi dari dinas ketenagakerjaan disebutkan bahwa jika surat lamaran kerja akan ditujukan ke perusahaan umum, maka surat lamaran kerja tersebut boleh dibuat dengan cara diketik maupun ditulis tangan. Sedangkan untuk surat lamaran kerja CPNS atau surat lamaran kerja yang dibuat untuk CPNS wajib dibuat dengan cara tulis tangan. Nah, dari informasi diatas semoga sudah sedikit menambah informasi tentang surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar ya teman-teman.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Selanjutnya kita beralih ke informasi tentang cara membuat suart lamaran kerja yang baik dan benar. Untuk teman-teman pemula yang baru lulus sekolah mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, sehingga masih belum berani membuatnya karena takut salah. Namun tidak perlu khawatir karena membuat surat lamaran kerja tidak sesulit yang dibayangkan kok, meski begitu tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja, diantaranya sebagai berikut:
  1. Tempat dan tanggal penulisan
  2. Perusahaan yang ditujukan
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar
  5. Biodata pribadi
  6. Pengalaman kerja dan skill
  7. Harapan
  8. Penutup

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Dan berikut beberapa tips yang dapat anda praktekka atau perhatikan juga dalam membua surat lamaran kerja,
  • Gunakan bahasa yang baik dan benar
  • Tulislah surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris jika memang perusahaan meminta surat lamaran kerja dibuat dalam bahasa Inggris
  • Buatlah sendiri surat lamaran kerja tersebut dan menggunakan tulisan tangan / manual
  • Gunakan kalimat yang tidak terlalu berkepanjangan atau bertele-tele
  • Lengkapi data-data pendukung yang disyaratkan oleh perusahaan yang akan anda lamar
  • Sertakan dokumen/file/data-data pendukung lainnya seperti misa sertifikat kompetensi, sertifikat pengalaman kerja, dan lain sebagainya jika ada.
Penting: Tidak sedikit iklan lowongan kerja baik di media cetak maupun media online yang seringkali menginformasikan kepada calon pelamar untuk mengirimkan CV ke alamat atau email perusahaan. Nah perlu teman-teman ketahui bahwa CV merupakan lampiran untuk melengkapi berkas surat lamaran kerja teman-teman. Maka dari itu, artinya teman-teman tetap harus membuat surat lamaran kerja yang disertai dengan CV dan persayaratan atau kelengkapan lainnya. Meski tidak menutup kemungkinan memang ada yang cukup meminta CV pelamar kerja-nya saja, namun tetap lebih baik kirimkan lengkap surat lamaran kerja teman-teman beserta persyaratan pendukungnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Dan berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat surat lamaran kerja teman-teman. Tentu contoh dibawah ini bisa teman-teman rubah atau modifikasi sesuai dengan kebutuhan ya, jangan terlalu terpaku dengan contoh dibawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bekasi, 04 Februari 2017
Kepada Yth :
HRD PT NIKITA
Jl. Ahmad Yani No. 24 Mustika Jaya Bekasi

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :


Nama                          : Danang Atmoko
Tempat/Tanggal Lahir : Semarang, 11 Agustus 1988
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Pendidikan                  : SMK Perhotelan Bina Karya Bekasi
Alamat                        : Jl. Mutiara No. 8 RT/RW 09/006
Telepon                       : 085234567890

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Foto copy Sertifikat Competensi
6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.


Hormat saya


Danang Atmoko

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bekasi, 04 Februari 2017
Kepada Yth :
HRD PT. Cahaya Kemilau,
Jl. Pulau Nias No. 24 Bekasi Barat


Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                         : Danang Atmoko, SE
Tempat, Tgl. Lahir      : Semarang, 11 Agustus 1988
Alamat                       : Jl. Mutiara No. 8 RT/RW 09/006
No. Telp/HP               : 085234567890
Pendidikan                 : S1 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Marketing.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Jakarta, dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru
7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya

Danang Atmoko, SE.

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa dalam menulis surat lamaran pekerjaan, dapat dikondisikan sesuai dengan kebutuhan atau lebih tepatnya sesuai dengan kemana surat lamaran kerja yang anda buat tersebut akan ditujukan. Karena seperti kita ketahui bahwa saat ini sudah sangat umum yang namanya penggunaan komputer, jadi tidak ada salahnya jika anda membuat surat lamaran pekerjaan tersebut dengan diketik melalui komputer terlebih lagi jika perusahaan atau posisi yang akan teman-teman lamar tersebut berhubungan dengan komputer. Namun untuk surat lamaran kerja untuk CPNS, tetap harus teman-teman buat dengan cara ditulis manual atau tulisan tangan.

Dan tips tambahan, seandainya teman-teman membuat surat lamaran pekerjaan untuk perusahaan atau posisi yang membutuhkan keahlian dalam bidang komputer misalnya, kemduain teman-teman membuat surat lamaran dengan ditulis tangan, ada baiknya informasikan dengan detail pada CV yang akan teman-teman lampirkan bahwa anda memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer atau kemampuan dalam hal lainnya sesuai dengan kondisi yang teman-teman alami.

Dari dua contoh surat lamaran kerja diatas rasanya sudah cukup untuk mengetahui bagaiman struktur atau susunan atau format penulisan lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga melalui tulisan ini dapat membantu teman-teman semua yang saat ini masih mencari informasi cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, dan semoga proses pembuatan surat lamaran kerja yang teman-teman lakukan dapat mejadi awal atau pintu dimana teman-teman akhirnya mendapatkan pekerjaan yang teman-teman impikan. Terus berjuang ya teman-teman yang sampai saat ini masih dalam proses mendapatkan pekerjaan, jangan lupa juga untuk terus berdoa mohon kemudahan pada Allah Yang Maha Kuasa, karena sebagus dan serapi apapun surat lamaran kerja yang kita buat sama sekali tidak akan membantu, jika Allah memang belum berkehendak. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat buat teman-teman semuanya.

0 comments

Post a Comment