www.olahwarta.com

03 September 2014

Menpora "Roy Suryo" Ditipu Bocah Via Online?

Pradipta Karina

Menpora "Roy Suryo" Ditipu Bocah Via Online? - Ada berita yang cukup menarik pas baru saja buka facebook hari ini, dimana ada sobat Olah Warta yang berbagi tautan berita yang mana judul beritanya adalah "Beli Sepeda Via Online, Menpora Roy Suryo Dikadali ABG". Pas saya buka tautan tersebut, mengarah ke halaman berita JPNN yang ternyata memang benar memuat berita tentang Roy Suryo yang berniat membeli sepada fixie yang diiklankan oleh seseorang melalui situs jual beli olx (dulu: tokobagus), namun pada akhirnya ternyata malah harus jadi korban penipuan.

Singkat cerita, sang menteri tersebut melakukan komunikasi dengan sang penjual dan kemudian mentransfer uang sejumlah yang telah disepakati, namun setelah itu barang yang dijanjikan tak kunjung datang. Dan setelah kejadian tersebut akhirnya Roy Suryo melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwajib, yang dengan tidak membutuhkan waktu lama, si penipu yang berasal dari Desa Sumuradem Timur, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, tersebut berhasil ditangkap di kampung halamannya.

Roy Suryo Ditipu

Kejadian yang menimpa Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo tersebut tentu saja menjadi sesuatu yang lucu dan juga memprihatinkan. Sebenarnya kasus penipuan seperti itu banyak sekali terjadi memang, namun bagi saya menjadi sangat luar biasa karena yang tertipu adalah seorang Menteri yang mana dirinya juga selalu di gembar-gemborkan sebagai seorang "pakar telematika". Masa iya sih orang seintelek itu masih bisa dikadalin oleh Bocah? Buat saya disini bukan nasib atau sedang sial yang dialami Roy Suryo, melainkan memang Roy Suryo nya yang kurang hati-hati dan teliti dalam bertransaksi.

Dan hal ini tentunya juga berdampak buruk bagi transaksi jual-beli online. Ketika banyak beredar berita mengenai seorang menteri yang tertipu via online, tentu saja akan membuat masyarakat juga menjadi khawatir atau takut untuk bertransaksi online terlebih bagi yang belum pernah melakukannya. Sangat disayangkan memang kejadian tersebut, dengan nonminal transaksi yang cukup besar (buat menteri sih mungkin kecil), seharusnya akan lebih baik kalo transaksi dilakukan dengan COD (Cash On Delivery). Memang sih kalo dari kasus diatas buat COD mungkin tempatnya cukup jauh, tapi daripada akhirnya jadi ketipu kaya gitu mendingan yang mana?

Intinya ditulisan ini saya cuma pengen berkomentar sangat menyayangkan atas apa yang dialami oleh Roy Suryo tersebut. Buat saya hal tersebut sangat memalukan dan bisa merugikan para penjual online seperti yang sudah saya sebutkan diatas, karena beredarnya berita tentang tertipunya Roy Suryo tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi kepercayaan para calon pembeli Online untuk melakukan transaksi. Seharusnya sebagai seorang yang berpendidikan tinggi, tidak semudah itu mengalami kejadian seperti ini. Sekali lagi menurut saya ini bukan hanya karena faktor nasib saja, melainkan memang faktor sang menteri yang kurang hati-hati dan teliti saja.

Yaudah deh segini dulu aja dah komentar saya kali ini, buat yang lainnya baik yang jualan online maupun calon pembeli online, jangan khawatir, karena tidak semua yang berjualan online itu penipu. Online maupun Offline memang sebenarnya sama saja, sama-sama banyak orang jahatnya, jadi kita harus waspada, hati-hati, teliti ketika akan melakukan transaksi jual beli online. Gunakan alternatif-alternatif yang ada selain dengan cari transfer uang terlebih dahulu, seperti misal dengan COD, atau menggunakan jasa penengah/perantara yang dikenal dengan nama "REKBER" (Rekening Bersama). Istilah Rekber tersebut sangat populer di forum jual beli KasKus, namun untuk di situs-situs jual beli besar seperti olx, berniaga, dan lain sebagainya mungkin kurang dikenal. Di tulisan selanjutnya nanti mungkin akan saya bahas mengenai hal tersebut. Untuk saat ini, saya cukupkan sampai disini dulu tulisan kali ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats