www.olahwarta.com

09 September 2014

Mengembalikan Blog Yang Terhapus di Blogger

Pradipta Karina

Mengembalikan Blog Yang Terhapus di Blogger - Beberapa hari yang lalu blog Olah Warta tanpa admin sadari ternyata sempat terhapus, karena dianggap melanggar TOS blogger.com dan terindikasi atau masuk kategori SPAM blog oleh sistem otomatis atau botnya blogger. Kaget juga pas pertama kali nemuin tampilan blog Olah Warta kok jadi tampilan pesan yang intinya bahwa blog Olah Warta ini sudah dihapus dan tidak bisa buat didaftarkan lagi. Selain kaget juga penasaran, rasa kesal pun juga timbul karena hal tersebut, gimana tidak, sudah cape-cape ngerawat blog ini dengan rajin mengisi postingan yang kalo saya boleh klaim 90% tulisannya adalah tulisan asli saya, terus kok tiba-tiba harus hilang gitu aja, yang mana saya juga belum sempat backup semua postingan yang ada di blog tersebut.

Karena baru pertama ngalamin seperti ini, saya cukup bingung juga mesti bagaimana. Coba saya buat status di fb saya mengenai kejadian ini, ada satu kawan yang menanggapinya namun sayang tidak ada solusi yang saya dapatkan kala itu, karena kebetulan kawan tersebut juga belum pernah mengatasi hal yang demikian. Sayapun juga sampai ga kefikiran buat cari info di mbah google, karena mungkin juga masih kebawa kesel, ga percaya aja blog yang isinya tulisan asli saya sendiri yang bisa terbaca dengan baik oleh manusia kok tiba-tiba dianggap SPAM dan dihapus.

Dan setelah beberapa jam setelah kejadian, saya iseng-iseng buka akun blogger Olah Warta ini, yang ternyata disana ada menu untuk mengembalikan blog (restore), dan langsung dah saya lakukan restore untuk blog Olah Warta. Dan berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan dalam mengembalikan blog Olah Warta yang sempat terhapus beberapa hari yang lalu.

1. Yang pertama login ke akun blogger, kemudian di dashboard blogger akan ada menu "Deleted blogs" seperti pada gambar dibawah ini, dan silakan pilih pada menu atau link tersebut.

Mengembalikan Blog Yang Terhapus Google

2. Dan pada menu deleted blogs tersebut akan ada daftar blog kita yang terhapus oleh sistem tadi, kemudian silakan klik menu "restore" yang ada pada sudut kanan atas, atau dapat anda lihat seperti pada gambar dibawah ini:

Mengembalikan Blog Yang Terhapus Google

3. Setelah itu ikuti saja langkah selanjutnya, yakni mengisi captcha code dan alamat email dihalaman selanjutnya seperti pada gambar dibawah ini:

Mengembalikan Blog Yang Terhapus Google

4. Dan langkah selanjutnya atau yang terakhir adalah menunggu hasil review manual dari tim google, yang estimasinya membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari kerja. Namun untuk yang saya alami kebetulan hanya beberapa jam saja setelah pengajuan banding, blog Olah Warta sudah dikembalikan.

Mengembalikan Blog Yang Terhapus Google


Nah diatas tadi adalah cara mengembalikan blog yang terhapus oleh google yang saya lakukan, yang mungkin bisa anda lakukan juga ketika ada blog anda yang mengalami hal serupa yang saya alami. Kalau memang blog kita isinya tidak melanggar TOS google, kemungkinan besar blog tersebut akan cepat dikembalikan seperti yang terjadi pada blog Olah Warta ini.

Namun begitu, dari komentar di status fb admin, ada salah satu kawan yang mengalami hal yang sama, yakni terhapus blognya, dan sudah melakukan banding melalui menu restore seperti pada langkah-langkah diatas, namun sampai terakhir dia berkomentar di status fb saya blognya masih belum kembali. Bahkan menurutnya tidak hanya sekali dia melakukan restore pada blognya tersebut, namun masih belum memberikan hasil yang maksimal. Untuk hal yang demikian ini, jujur saja saya sendiri juga tidak tahu mengapa, karena kebetulan kejadian blog terhapus ini juga pertama kalinya saya alami, yang alhamdulillah untuk kasus yang saya alami, boleh dibilang cukup cepat dan mudah proses banding / proses restore blog-nya.

Ada beberapa hal atau pengalaman yang admin ambil dari kejadian terhapusnya blog Olah Warta tersebut yakni,
  • Jangan terlalu nyaman dengan sesuatu yang gratisan, karena sewaktu-waktu bisa saja hilang entah karena seperti kejadian diatas, entah karena layanannya yang tutup, dan entah karena hal-hal lainnya lagi, bukan tidak mungkin anda kehilangan blog anda.
  • Backup postingan-postingan agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti misal contoh diatas, setidaknya kita bisa gunakan lagi tulisan-tulisan yang sudah pernah kita buat, apalagi kalo sudah banyak tulisannya, kan sayang banget tuh.
  • Ikuti aturan yang berlaku pada layanan gratisan seperti blogger.com ini, agar jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan seperti contoh diatas, akan lebih mudah dan cepat kita komplain atau mengajukan banding.
Dan mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai pengalaman yang saya alami dalam mengajukan banding atau restore blog saya yang terhapus oleh blogger/google, semoga dapat bermanfaat buat para pengunjung blog Olah Warta semuanya, terutama yang sedang mencari informasi mengenai cara mengembalikan blog yang terhapus oleh google.

1 comments:

  1. aduh iya nih mas saya pertamakalinya mengalami hal ini dan sudah saya lakukan langkah diatas tnggal menunggu hasilnya

    ReplyDelete

 

Follow / Add Me

Stats