www.olahwarta.com

15 July 2014

Info Mudik Gratis 2014 Kemenhub

Pradipta Karina

Info Mudik Gratis 2014 Kemenhub - Puasa Ramadhan tahun ini sudah berjalan setengahnya, malah sudah lebih dikit. Nah berarti sudah sudah mendekati akhir-akhir bulan Ramadhan tahun ini dong ya? Kalau sudah akhir gitu, udah pada tau dong akan terjadi fenomena apa? Yup,, setiap jelang berakhirnya bulan Ramadhan atau memasuki Hari Raya Idul Fitri, pasti akan terjadi lonjakan pemudik dari kota-kota besar di Indonesia yang akan mudik ke kampung halaman.

Mudik Gratis Kementrian Perhubungan 2014
Gambar: liputan6.com
Tidak terkecuali juga pada tahun ini, para pemudik tentu sudah banyak yang mempersiapkan segalanya untuk mudik pada hari menjelang Lebaran tiba nanti. Dan sudah menjadi hal yang wajar dan umum, setiap musim mudik maka harga-harga tiket angkutan lebaran pun akan ikut naik. Maka dari itu tidak sedikit para calon pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman nanti. Selain karena harga tiket yang naik, tidak sedikit juga yang memilih menggunakan sepeda motor karena ingin menikmati sensainya mudi menggunakan sepeda motor.

Namun, perjalanan jauh menaiki sepeda motor akan sangat besar sekali resikonya. Kondisi badan pengendara maupun kondisi sepeda motornya pun harus benar-benar prima, jika tidak tentu akan sangat membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan yang lain. Nah, untuk meminimalisir hal tersebut Kementrian Perhubungan menyediakan Mudik Gratis 2014 untuk lebaran kali ini, dan khususnya ditujukan bagi para pengguna sepeda motor. Langsung saja disimak informasi mengenai Mudik Gratis Kemenhub 2014 yang admin salin dari liputan6.com berikut ini.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, masih ada tempat untuk sekitar 2.800 sepeda motor yang ingin mudik menggunakan kereta. Sampai Senin ini, jumlah pemudik motor yang terdaftar baru mencapai 3.400 unit.

Direktur Lalu Lintas Direktorat Jenderal  Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Anggoro BW mengatakan, tahun ini instansinya menyediakan kereta untuk mengangkut 6.300 unit sepeda motor.

"Untuk sepeda motor gratis, kita masih ada sisa kuota 2800 sekarang 3400 sekian jadi totoal 6300 masih sisa 2800 sekian," kata Anggoro, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (14/7/2014).

Dia menambahkan, untuk mengangkut motor tersebut, Kemenhuh menyediakan dua Kereta Api Mantab dengan tujuan Cirebon, Tegal dan Semarang dan Kereta Api  Kuto Jaya jurusan Kutoarjo, Yogjakarta dan Solo.

"Banyak permintaan masyarakat bisa ke Madiun, tapi belum kami penuhi karena kereta api barang terbatas, sehingga satu hari bisa pulang pergi," ungkapnya.

Untuk angkutan mudik gratis sepeda motor ini,  pendaftaran awal dibuka di kantor pusat Kementerian Perhubungan di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Saat ini telah dibuka di stasiun Jakarta Kota Manggarai dan Stasiun kota tujuan, seperti Cirebon, Tegal dan Semarang.

"Untuk arus balik banyak yang kosong arus mudik banyak penuh dihari tertentu," tuturnya.

Menurut dia, masyarakat menginginkan pengiriman sepeda motor dilakukan menjelang lebaran yaitu H-3 danH-4 sementara Kementerian Perhubungan mengadakan pada H-7 sampai H-3 dan H+3 sampai H+7.

Kapasitas mudik sepeda motor naik dari tahun sebelumnya yaitu 800 uniti sepeda motor. Hal tersebut disebabkan karena anggaran kementerian yang dikurangi.

"Motor tahun lalu masih 800, kenapa kecil karena mendapat DIPA mepet H -7. Tapi tahun ini ada  cukup waktu kita lelang, jadi ada peningkatan tahun lalu 800 sekarang 3.400," pungkasnya.


Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/2077784/ayo-daftar-kemenhub-masih-buka-mudik-gratis-pakai-kereta-api
Demikian informasi Mudik Gratis Kementrian Perhubungan 2014 kali ini, semoga bermanfaat bagi para pengunjung blog Olah Warta yang sedang mencari informasi mengenai Mudik Gratis 2014. Semoga mudik anda tahun ini dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun, dan bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung pada Hari Raya Idul Fitri 1435 H nanti.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats