www.olahwarta.com

24 June 2014

Kebakaran King's Shopping Centre Bandung

Pradipta Karina

Kebakaran King's Shopping Centre Bandung - Ada berita duka mengenai terjadinya sebuah kebakaran yang menimpa salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, yakni King's Shopping Centre. Menurut informasi dari detik.com, kebakaran tersebut bermula dari basement yang merupakan pusat penjualan kain, namun kobaran api terus membesar dan kian sulit di jinakkan bahkan api membesar dan menjilat hingga puncak gedung yang terdirid ari 5 lantai tersebut.

Kebakaran King's Shopping Centre Bandung
Gambar: detik.com
Kebakaran di mal King's sendiri terjadi sejak kemarin malam yakni 23/06/2014 pukul 23.30 namun hingga tulisan ini dibuat, kabarnya api masih belum dapat dijinakkan. Sudah kurang lebih sebelas jam, namun api masih belum bisa dipadamkan. Dan sempat terdengar dentuman keras dari dalam gedung yang membuat kaca-kaca berjatuhan. Dan berikut admin salin berita mengenai Kebakaran King's Shopping Centre Bandung yang disalin dari situs detik.com

Api Berkobar Besar hingga Puncak King's Shopping Centre Bandung

Api mulai merembet ke puncak mal King's Shopping Centre di Jalan Kepatihan, Kota Bandung. Titik api awalnya dari basement, pusat penjualan kain. Kini kobaran api makin besar tak terkendali.

Pantauan di lokasi kebakaran, Selasa (24/6/2014), pukul 08.30 WIB, api tiba-tiba menjilat puncak gedung yang totalnya lima lantai ini.

Asap pekat hitam membumbung ke langit. Petugas pamadam terus berupaya sekuat tenagan memgendalikan api yang terus bergelora.

Kebakaran mulai terjadi di mal King's pada Senin (23/6), sekitar pukul 23.30 WIB. Sudah delapan jam api belum padam. Terdengar dua kali suara dentuman keras dari dalam gedung. Kaca-kaca berjatuhan.

Sumber: http://news.detik.com/bandung/read/2014/06/24/090136/2617257/486/api-berkobar-besar-hingga-puncak-kings-shopping-centre-bandung

Suhu Panas Mencapai 350 Derajat, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api yang membakar mal King's Shopping Centre di Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung. Suhu super panas di area basement mal yang diduga sumber api berasal.

"Di dalam basement itu suhunya 350 derajat. Kalau di luar gedung 125 derajat. Hal tersebut tidak memungkinkan kami masuk ke dalam," kata Kepala Dinas Pencegahan (Diskar) Kota Bandung Hikmat Ginanjar saat ditemui di lokasi kebakaran, Jalan Kepatiha, Selasa (24/6/2014).

Menurut Hikmat, kesulitan lainnya yang dialami petugas yakni kondisi barang-barang di dalam gedung yang mudah terbakar. Selain itu asap pekat terus berhembus dari dalam mal tersebut.

"Upaya yang kami lakukan saat ini proses pendingan dari berbagai tempat agar api tidak menjalar. Perlu waktu untuk mengendalikan api," kata Hikmat.

Hingga pukul 08.00 WIB, api terlihat masih menyala di lantai dasar atau di atas basement. Insiden kebakaran ini berlangsung sejak pukul 23.30 WIB, Senin (23/6).

Sumber: http://news.detik.com/bandung/read/2014/06/24/080730/2617211/486/suhu-panas-mencapai-350-derajat-petugas-kesulitan-padamkan-api

Duum! Kaca Berjatuhan dari Lantai Atas King's yang Terbakar

Terdengar suara dentuman keras di dalam mal King's Shopping Centre yang terbakar sejak pukul 23.30 WIB, Senin (23/6/2014). Kaca-kaca dari lantai atas bangunan tersebut berjatuhan. Api hingga kini masih berkobar menjilat mal yang tersohor di Kota Bandung ini.

"Dummm," suara dentuman tersebut mengejutkan petugas Dinas Pencegahan Kebakaran (Diskar) Kota Bandung yang berada di lokasi kebakaran, Jalan Kepatihan, Selasa (24/6/2014), sekitar pukul 08.30 WIB.

Tak lama, kaca-kaca yang menempel di bagian luar dan dalam gedung itu berjatuhan. "Prang!". Beruntung petugas sudah mengantisipasi sehingga kaca-kaca yang meluncur ke bawah itu tidak menimpa tubuh.

Sebelumnya kaca-kaca di mal berlantai lima ini silih berganti berjatuhan. Pantauan di lokasi kejadian, api terlihat sudah menjalar ke lantai satu mal.

Sumber: http://news.detik.com/bandung/read/2014/06/24/085136/2617244/486/duum-kaca-berjatuhan-dari-lantai-atas-kings-yang-terbakar

Polisi dan Tentara Berjibaku Selamatkan Barang Jualan

Api masih berkobar di mal King's Shopping Centre, Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung. Personel polisi dan tentara berjibaku menyelamatkan barang jualan milik pedagang.

Pantauan di lokasi, Selasa (24/6/2014), sekitar pukul 08.00 WIB, petugas gabungan terpaksa membongkar paksa sejumlah rolling door bagian depan atau lantai dasar mal yang berada di bagian Jalan Dalem Kaum. Posisi bangunan mal tersebut berada di tengah-tengah atau diapit Jalan Kepatihan dan Jalan Dalem Kaum.

Petugas melepaskan gembok jumbo dengan menggunakan martil. Usai pintu terbuka, ratusan polisi dan tentara merangksek masuk ke dalam lantai dasar. Mereka mengangkut ragam produk jualan seperti pakaian, sepatu, dan sandal. Beberapa pedagang juga turut sibuk menyelamatkan barang jualan tersebut ke luar atau halaman mal.

Polisi dan tentara tampak gotong royong mengankut meja, etalase, dan alat pemajang produk. Kondisi serupa terpantau di Jalan Kepatihan. Petugas mengangkut kain-kain barang dagangan ke luar gedung.

Api masih terlihat berkobar dan melumat toko-toko di lantai dasar serta basement. "Mundur! Mundur!," ucap seorang polisi mengingatkan petugas lainnya agar tidak berada lama di lantai dasar karena kondisinya membahayakan jiwa.

Sumber: http://news.detik.com/bandung/read/2014/06/24/081802/2617217/486/polisi-dan-tentara-berjibaku-selamatkan-barang-jualan

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats