www.olahwarta.com

22 May 2014

Militer Thailand Umumkan Kudeta

Pradipta Karina

Militer Thailand Umumkan Kudeta - Sambil berusaha untuk terus meng-update blog agar bisa keluar dari keterpurukan trafik kunjungan, kali ini admin akan berbagi informasi dari dunia politik luar negeri. Dari forum kaskus, pada bagian hot thread ada breaking news dengan judul "Militer Thailand Umumkan Kudeta". Menurut informasi kudeta yang dilakukan oleh militer Thailand tersebut akbiat tak kunjung selesainya kisruh politik yang telah berlangsung kurang lebih 7 bulan terakhir.

Kudeta Thailand
Gambar: www.bbc.co.uk/AFP

Sebelumnya pada tahun 2006, militer Thailand juga pernah melakukan hal yang sama yaitu meng-kudeta PM Thaksin Shinawatra. Dan kini kudeta kembali dilakukan oleh militer Thailand. Untuk berita selengkapnya berikut admin bagikan informasi mengenai kudeta Thailand tersebut yang disalin dari berbagai sumber:

Militer Thailand sudah mengumumkan mengambil kendali atas pemerintahan.

Dalam pernyataan yang disiarkan lewat televisi, Panglima Angkatan Bersenjata Thailand, Jenderal Prayuth Chan-Ocha, mengatakan akan memulihkan ketertiban dan menerapkan reformasi politik.
Berita terkait

Kudeta ini ditempuh setelah pernyataan keadaan darurat pada Selasa (22/05) menyusul krisis politik yang melanda negara itu sekitar enam bulan belakangan.

Krisis politik Thailand berawal dari unjuk rasa di ibukota Bangkok tahun lalu yang menuntut Perdana Menteri Yingluck Shinawatra mengundurkan diri.

Pemerintahan pimpinannya dianggap dikendalikan oleh abangnya, mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, yang mengasingkan diri ke luar negeri setelah digulingkan dalam kudeta militera tahun 2006.

Upaya PM Yingluck dengan menggelar pemilu dini tidak berhasil memecah kebuntuan politik setelah kubu oposisi memboikot pemungutan suara.

Pada pekan pertama Mei, Mahkamah Konstitusi memerintahkan Yingluck Shinawatra mengundurkan diri setelah dinyatakan bersalah menyalahgunakan kekuasaan.

Sumber: http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2014/05/140522_thailand_darurat.shtml
Panglima Angkatan Bersenjata Thailand Jenderal Prayut Chan-O-Cha, Kamis (22/5/2014), lewat pidato televisi mengumumkan bahwa militer mengambil alih pemerintahan setelah kisruh politik selama tujuh bulan tak kunjung berakhir.

"Untuk mengembalikan negara ke kondisi normal dengan cepat, Komite Penjaga Perdamaian Nasional yang terdiri atas Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan kepolisian Thailand mengambil alih kekuasaan pada 22 Mei 2014 pukul 16.30," kata Jenderal Prayut Chan-O-Chan.

Pernyataan kudeta ini hanya berselang dua hari setelah militer menyatakan kondisi darurat militer di Thailand. Namun, saat itu militer menegaskan keadaan darurat itu bukanlah sebuah kudeta.

Saat kondisi darurat diumumkan, ribuan tentara didukung persenjataan dan kendaraan tempur disebar ke lokasi-lokasi vital, seperti pusat-pusat perekonomian, stasiun televisi, dan kawasan-kawasan perhotelan.

Terakhir kali militer Thailand melakukan kudeta adalah pada 2006 ketika melengserkan Thaksin Shinawatra dari kursi perdana menteri.

Sumber: Kompas.COM

Demikian tadi informasi mengenai kudeta yang terjadi di Thailand, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats