www.olahwarta.com

30 May 2014

Letusan Gunung Sangiang Mencapai 3000M

Pradipta Karina

Letusan Gunung Sangiang Mencapai 3000 Meter - Gunung Sangiang yang terletak di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini 30 Mei 2014 mengalami erupsi atau meletus. Letusan Gunung Sangiang tersebut terjadi pada pukul 16.45 WIT dengan ketinggian letusan mencapai 3000 meter, dengan arah letusan mengalir ke timur menuju ke daerah Flores. Sebelum letusan gunung Sangiang terjadi, di dahului dengan terjadinya gempa dengan kekuatan sedang sebanyak tiga kali.

Letusan Gunung Sangiang
Gunung Sangiang meletus. ©twitter.com/Kxckea0dmU

Status gunung Sangiang pun kini ditingkatkan masuk ke dalam status siaga (level III), dan warga dihimbau agar tidak melakukan aktifitas apapun disana untuk sementara waktu hingga keadaan kembali aman untuk melakukan aktifitas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai meletusnya gunung Sangiang, berikut dapat anda simak beberapa berita yang diambil dari berbagai sumber:

Gunung Sangiang di Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) meletus Jumat (30/5/2014) pukul 15.55 WITA. Letusan apinya mencapai 3.000 meter dan mengalir ke arah timur ke daerah Flores.

"Api vulkanik menyembur ke atas 3.000 meter dan turun ke arah timur," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) M Hendrasto saat dihubungi detikcom, Jumat (30/5/2014).

Hendrasto mengungkapkan lokasi Gunung Sangiang merupakan pulau gunung api. Warga biasanya menggunakan kawasan tersebut sebagai tempat berladang bukan sebagai tempat hunian.

"Di pulau itu tidak ada penduduknya, yang ada orang yang berkebun," ucap Hendsrasto.

Saat ini status gunung berada pada level siaga. Warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sana hingga kondisi dinyatakan aman.

"Sementara masyarakat diminta tidak berkebun dulu ke sana," imbaunya.

Menurutnya Gunung Sangiang ini sudah pernah meletus pada tahun 1987. "Terus dikosongkan dan tidak boleh dihuni lagi," jelasnya.

Sumber: http://news.detik.com/read/2014/05/30/172229/2595731/10/gunung-sangiang-di-bima-ntb-meletus?9911012

Gunung Sangiang, di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengeluarkan abu vulkanik setelah tiga kali gempa berkekuatan sedang, Jumat 30 Mei hari ini. Gempa terjadi pada pukul 16.45 WIT.

Salah satu pulau berpenghuni di kaki gunung Sangiang, sampai berita ini diturunkan, masyarakatnya masih terjebak di kawasan pulau.
"Belum ada kapal yang mau evakuasi kak, pemerintah belum turun tangan," kata Ihwan Nul, salah satu warga yang masih dapat dikonfirmasi melalui sambungan telpon. Sementara sebagian besar nomor ponsel warga tidak aktif lagi.

Sementara Al Muhaimin, salah satu mahasiswa asal Bima yang sedang kuliah di Makassar, panik mengabarkan hal tersebut kepada FAJAR.
"Sangat disayangkan, karena media tidak cepat tanggap, pemerintah juga," kata Al Muhaimin, beberapa saat lalu.

Sumber: http://www.fajar.co.id/nasional/3264120_5712.html

Gunung Sangiang di Desa Sangiang Pulo, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat meletus. Akibat letusan tersebut asap membumbung tinggi hingga 3.000 meter.

"meletus tadi sekitar pukul 15.55 Wita. Ketinggian asap mencapai 3.000 meter yang mengarah ke barat," ujar Kepala Badan Geologi Surono kepada merdeka.com, Jumat (30/5).

Gunung Sangiang merupakan gunung berapi aktif bertipe strato yang termasuk dalam kawasan konservasi. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1986 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan di atas puncaknya.

Menurut Surono selama ini Gunung Sangiang memang berstatus waspada. Tidak ada laporan korban jiwa akibat letusan gunung tersebut.

Sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/gunung-sangiang-di-ntb-meletus-asap-membumbung-3000-meter.html
Demikian informasi mengenai Letusan Gunung Sangiang kali ini, untuk mengetahui berita terbaru mengenai gunung sangiang anda bisa kunjungi terus blog Olah Warta, dan juga situs-situs berita seperti detik.com, merdeka.com dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats