www.olahwarta.com

24 May 2014

eBay di Hack, Jutaan Akun Terancam

Pradipta Karina

eBay di Hack, Jutaan Akun Terancam - eBay adalah situs lelang atau situs jual-beli online yang sudah berdiri sejak tahun 1995. Layaknya di situs jual beli lainnya, melalui situs eBay tersebut kita bisa menjual maupun membeli barang-barang koleksi atau barang-barang lainnya yang sedang anda cari. Melalui eBay, kita bisa menemukan barang-barang seperti ponsel, DVD, barang-barang koleksi, mobil, pakaian dan masih banyak lagi barang-barang lainnya yang bisa anda temukan disana.

ebay di hack

Namun 2 hari yang lalu, ada kabar yang kurang mengenakkan bagi para pengguna situs tersebut, yaitu bahwa situs eBay telah terkena serangan hacker. Dan serangan tersebut tentu saja mengancam ratusan juta pengguna situs eBay di seluruh dunia, karena data-data penting seperti password, alamat, dan data-data pribadi yang penting lainnya bisa disalahgunakan oleh hacker tersebut.

Dengan adanya serangan tersebut, situs eBay sendiri telah melakukan himbauan atau lebih tepatnya perinta bagi para pengguna situs eBay untuk segera mengganti password akunnya, juga untuk akun-akun lain yang kebetulan menggunakan password yang sama dengan yang digunakan pada situs eBay.com. Nah, jika anda adalah salah satu pengguna situs eBay, maka segeralah mengganti password akun anda sesuai dengan himbauan dari pihak eBay.

Nah berikut dapat anda simak berita mengenai eBay di hack, yang disalin dari situs liputan6.com:

Tak hanya mengincar pengguna media sosial, hacker juga membidik pengguna situs jual beli. Lebih dari 15 juta pengguna eBay di Inggris dilaporkan berisiko diserang hacker terkait dengan pencurian identitas setelah data pribadi mereka dicuri.

Untuk itu eBay langsung memperingatkan semua pelanggannya untuk tidak hanya mengubah password mereka, tetapi juga akun lain dengan password yang sama. Demikian seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (22/5/2014).

Bukan itu saja, eBay juga mengakui bahwa secara global, 233 juta akun penggunanya termasuk nama, alamat, tanggal lahir, nomor telepon, alamat email, dan password mereka sudah berada di tangan hacker.

Setelah pengumuman itu, anggota parlemen Inggris menuduh perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat itu terlambat menginformasikan hal tersebut. Pasalnya server eBay yang diserang hacker sudah terjadi tiga bulan lalu.

Para ahli keamanan berpendapat, keterlambatan pengumuman itu akan semakin membuka pintu bagi hacker untuk mengakses rekening bank dan rekening online lainnya, terlebih jika seseorang menggunakan password eBay untuk beberapa situs. Bahayanya lagi, kebanyakan layanan perbankan memverifikasi identitas pelanggan, mulai dari tanggal lahir hingga alamat melalui saluran telepon.

Selain itu eBay mengakui bahwa dua minggu lalu, informasi pribadi mereka telah dicuri. Antara akhir Februari dan awal Maret 2014, sekelompok hacker diketahui telah membobol server eBay melalui login karyawan dan menggunakan password internalnya untuk men-download informasi penting.

"Hacker ​​mungkin tidak mencapai target mereka untuk menyedot uang atau barang dari eBay, tetapi mereka dapat mengambil informasi pribadi yang diperoleh dari database dan menargetkan situs populer lainnya," ujar Paul Martini, Chief Executive iboss Network Security.

Meskipun semua password telah dienkripsi, ahli komputer mengatakan bahwa dalam tiga bulan sejak server dobobol, hacker bisa menggunakannya untuk melakukan penipuan. Rincian lainnya, seperti nama, alamat dan tanggal lahir, kemungkinan tidak dienkripsi. -

Sumber: http://m.liputan6.com/tekno/read/2053111/ebay-di-hack-ratusan-juta-akun-pengguna-terancam
Demikian tadi informasi mengenai situs eBay di Hack, semoga dapat bermanfaat bagi para pegunjung blog Olah Warta. Dan sekali lagi admin turut menghimbau bagi anda yang menjadi salah satu pengguna aktif di situs eBay.com segeralah mengganti password untuk akun anda guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats