www.olahwarta.com

03 April 2014

Gempa Susulan Chile 7,8 SR

Pradipta Karina

Gempa Susulan Chile 7,8 SR - Seperti kita ketahui bahwa Chile baru saja diguncang gempa dengan kekuatan yang besar yaitu 8 SR pada hari Rabu, 2 April 2014 kemarin. Hari ini, gempa susulan yang kekuatannya tak kalah besar dari gempa sebelumnya kembali mengguncang Chile. Seperti pada gempa sebelumnya, gempa susulan tersebut juga berpotensi mengakibatkan terjadinya Tsunami Chile. Oleh sebab itu, pihak berwenang setempat telah mengeluarkan peringatan dini akan potensi Tsunami yang baru, dan mengungsikan ribuan warga yang tinggal di sekitar pesisir pantai.

Gempa Susulan Chile
Gambar: voaindonesia.com
Semoga saja gempa susulan yang terjadi hari ini tersebut tidak memakan banyak korban. Dan untuk informasi selengkapnya mengenai Gempa Susulan Chile tersebut, berikut dapat anda simak berita dari voaindonesia.com

Gempa susulan yang kuat mengguncang lagi pantai utara Chile, sehari setelah gempa 8,2 skala Richter terjadi di daerah tersebut, yang menewaskan enam orang.

Badan Survei Geologis As mengatakan gempa susulan 7,8  itu dideteksi Rabu malam (2/4) kira-kira 23 kilometer sebelah selatan Iquique, pada kedalaman 20 kilometer di bawah permukaan laut.

Gempa susulan tersebut mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami yang baru di sepanjang pesisir Chile dan memerintahkan pengungsian ribuan penduduk pantai.

Gempa pada Selasa terjadi kira-kira 100 kilometer di lepas pantai barat laut yang berpenduduk jarang negara tersebut, yang menimbulkan peringatan tsunami sampai sejauh Jepang.  Peringatan itu dibatalkan beberapa jam kemudian.

Polisi dan tentara berpatroli di daerah-daerah pantai utara Chile untuk mencegah penjarahan, sementara gambar-gambar televisi menunjukkan rumah-rumah dan pusat-pusat perbelanjaan yang rusak di kota pelabuhan Iquique, 1.800 kilometer  di utara Santiago.

Presiden Chile Michelle Bachelet meninjau daerah itu Rabu, dan menyatakannya zona bencana. Ke utara, gempa itu mengakibatkan pemadaman listrik di Peru, dan pengungsian  dari beberapa kota selatan disana. Tetapi, tidak ada laporan kerusakan atau luka yang parah.

Sumber: http://www.voaindonesia.com/content/gempa-susulan-78-sr-guncang-chile/1885307.html
Itulah tadi berita mengenai gempa susulan yang melanda Chile. Sekali lagi, semoga saja bencana tersebut tidak memakan banyak korban jiwa. Simak terus blog Olah Warta untuk mendapatkan perkembangan terbaru seputar berita Nasional maupun Internasional.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats