www.olahwarta.com

11 March 2014

Waspada! Gunung Slamet

Pradipta Karina

Waspada! Gunung Slamet - Kembali salah satu gunung di Jawa, aktivitasnya meningkat. Pada hari Senin, 10 Maret 2014 pukul 21.00 status gunung slamet pun dinaikkan dari normal (level I) menjadi status waspada (level II). Gunung slamet sendiri adalah gunung tertinggi kedua di pulau Jawa, dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan air laut. "Gunung Slamet" berada di 5 kabupaten yaitu Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang. Pemerintah kabupaten Purbalingga sebelumnya telah memutuskan untuk menutup jalur pendakian ke puncak melalui pos Bambangan.

Gunung Slamet
Gambar: tribunnews.com
Gunung Slamet terakhir kali mengalami peningkatan aktivitas pada tahun 2009 dimana pada waktu itu pusat vulkanologi menaikkan status gunung slamet hingga level siaga. Dengan meningkatnya aktivitas gunung slamet saat ini, baik masyarakat sekitar maupun wisatawan dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas disekitar gunung tersebut dalam radius 2km dari kawah gunung slamet. Dan berikut dapat anda simak berita selengkapnya mengenai peningkatan aktivitas gunung slamet yang disalin dari tribunnews.com

Status Gunung Slamet telah dinaikkan dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II) sejak Senin (10/3), mulai pukul 21.00.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono, menyatakan hal tersebut saat dihubungi oleh Tribun Jateng, Senin malam.

"Dengan peningkatan kegempaan di G Slamet (meliputi 5 Kabupaten) Provinsi Jawa Tengah maka sejak tanggal 10 Maret 2014, pukul 21.00 WIB status aktivitas Gunung Slamet dinaikkan dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II)," demikian pesan yang dikirim Surono kepada Tribun Jateng melalui BlackBerry Messenger.

Ia pun merekomendasi agar masyarakat maupun wisatawan tidak beraktivitas dalam radius dua kilometer dari kawah Gunung Slamet.

Gunung Slamet tinggi 3.428 meter di atas permukaan laut. Posisinya di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa.

Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level. Status siaga pernah disematkan pada Gunung Slamet tahun 2009. Para pendaki senang mendaki gunung ini karena medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto.

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2014/03/10/surono-status-gunung-slamet-naik-jadi-waspada
Sekian informasi mengenai peningkatan aktivitas dan peningkatan status gunung slamet saat ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan masyrakat sekitar gunung slamet. Dan semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan meningkatnya aktivitas gunung slamet saat ini.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats