www.olahwarta.com

13 March 2014

Gunung Slamet Meletus

Pradipta Karina

Gunung Slamet Meletus - Setelah beberapa hari dalam status waspada, akhirnya Gunung Slamet meletus pada Rabu, 12 Maret 2014 pukul 6.53 WIB kemarin. Letusan tersebut mengeluarkan abu tebal yang berlangsung kurang lebih selama 3 menit sebelum akhirnya kembali tertutup kabut. Dan langsung saja berikut dapat anda simak berita-berita selengkapnya yang disalin dari berbagai sumber.

Gunung Slamet Meletus
Gambar: tribunnews.com
Setelah beberapa hari dalam status waspada, Gunung Slamet di Jawa Tengah meletus dan mengeluarkan abu tebal, Rabu (12/3/2014) sekitar pukul 06.53 WIB.

Letusan abu berwarna hitam pekat berlangsung sekitar 3 menit, sebelum akhirnya tertutup kembali oleh kabut.

Berdasarkan penjelasan anggota tim pengamat Gunung Slamet di Pos Pengamatan, Desa Gambuhan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Sukedi (50), letusan abu tebal warna hitam itu terlontar dengan ketinggian berkisar 800 hingga 1.000 meter. Letusan itu masih tergolong letusan kecil.

Dari lontaran abu dan angin yang berembus, diprediksi lontaran abu vulkanis mengarah ke barat yang mencakup wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes.

Sukedi menambahkan, sejak dinyatakan menjadi level waspada, Senin (10/3/2014) pukul 21.00 lalu, baru kali ini Gunung Api Slamet mengeluarkan letusan abu yang terpantau dari pos pengamatan.

"Sebelumnya enam kali letusan asap, baru kali ini mengeluarkan letusan abu," katanya.

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2014/03/12/1023084/Gunung.Slamet.Meletus.

Kapolsek Polosari, Kabupaten Pemalang, AKP Mesi, mengatakan sejak Senin (10/3/2014) kemarin, Gunung Selamat telah mengeluarkan tiga kali letusan asap.

Letusan asap pertama terjadi pada pukul 18.10 disertai dengan gumpalan hitam berupa debu vulkanik yang keluar dari puncak gunung.

Suara letusan berikutnya terjadi pada pukul 20.06. Kali ini letusan itu tak hanya disertai asap tebal tetapi juga getaran yang terasa hingga jarak 10 kilometer.

Letusan asap ketiga gunung tertinggi di Jawa Tengah itu terjadi pada pukul 21.05. "Letusan kedua paling besar, terdengar seperti suara mercon," tambah AKP Mesi, Selasa (11/3/2014).

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2014/03/11/gunung-slamet-meletus-3-kali
Demikian informasi mengenai meletusnya gunung slamet. Semoga saja letusan gunung slamet tersebut tidak menimbulkan kroban jiwa maupun kerugian materi yang banyak bagi masyarakat yang tinggal disekitar lokasi gunung slamet berada.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats