www.olahwarta.com

11 March 2014

Gunung Merapi Keluarkan Asap dan Hujan Abu

Pradipta Karina

Gunung Merapi Keluarkan Asap dan Hujan Abu - Pada tulisan sebelumnya telah diinformasikan mengenai peningkatan aktivitas Gunung Slamet yang statusnya juga meningkat mencapai level waspada. Dan pada tulisan kali ini, admin juga akan berbagi informasi masih berhubungan dengan aktivitas salah satu gunung yang ada di Indonesia, yaitu gunung merapi yang terletak di wilayah Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah (Jateng). Gunung merapi mengalami peningkatan aktivitas pada pukul 7.10 WIB pagi tadi.

Gunung Merapi
Gambar: wikimedia.org
 Diberitakan akibat peningkatan aktivitas gunung merapi tersebut, terjadi hujan abu tipis yang berlangsung kurang lebih 15 menit. Namun karena pada saat berlangsungnya hujan abu tersebut berbarengan dengan turunnya hujan, maka dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Dan untuk informasi selengkapnya mengenai peningkatan aktivitas gunung merapi, dapat anda simak melalui tulisan dibawah ini yang disalin dari sindonews.com

Gunung Merapi yang berada di wilayah Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah (Jateng) bergemuruh. Tak lama, hujan abu tipis pun mengguyur lereng Merapi.

Camat Kemalang, Bambang Haryoko, menyebutkan hujan abu itu berlangsung sekira pukul 06.00 WIB. Hujan itu mengguyur wilayah Desa Sidorejo, Kemalang dan juga Desa Balerante.

Akibat angin yang berhembus ke arah barat, daerah Balerante mendapatkan dampak yang lebih serius dibanding desa-desa lainnya.

Dia mengatakan sebelum terjadi hujan abu, sejak Minggu malam hingga Senin Dinihari, suara gemuruh sudah terdengar dari puncak gunung teraktif di Indonesia tersebut.

Kendati demikian, suara gemuruh itu lebih pelan jika dibandingkan dengan gemuruh yang terjadi saat erupsi Tahun 2010 lalu.

"Hujan abu berlangsung sekira 15 menit, akan tetapi berbarengan dengan hujan, sehingga efek yang ditimbulkan tidak terlalu besar," ucapnya, Senin (10/3/2014).

Sumber: http://daerah.sindonews.com/read/2014/03/10/22/842694/gunung-merapi-kembali-bergemuruh
Sekian informasi mengenai peningkatan aktivitas gunung merapi, semoga terjadinya peningkatan aktivitas pada beberapa gunung yang ada di pulau jawa tersebut tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats