www.olahwarta.com

13 March 2014

Gara-gara Bocah 5 Tahun Google di Tuntut

Pradipta Karina

Gara-gara Bocah 5 Tahun Google di Tuntut - Informasi dari dunia internet, kali ini ada berita tentang bocah 5 tahun yang bisa membuat raksasa internet, google mendapat tuntutan. Tentu saja bukan bocah 5 tahun tersebut yang akan menuntut google. Namun diberitakan, bahwa sekelompok orangtua tengah siap untuk menuntut perusahaan raksasa Internet tersebut. Hal tersebut terjadi dikarenakan google tidak memberikan pengamanan yang baik sehingga membuat anak-anak dapat dengan mudah baik sengaja maupun tanpa kesengajaan menggunakan uang orangtuanya tanpa sepengetahuan orangtua mereka.

Tuntutan tersebut dilakukan melalui lembaga hukum Berger & Montague. Hal tersebut berawal dari kejadian seorang anak yang masih berusia 5 tahun dimana dalam sehari dia sampai menghabiskan USD 66 karena in-app purchase di game Marvel Run Jump Smash!

Gambar Logo Google
Gambar: thesearchagents.com
 Melalui playstore, google memang menyediakan banyak sekali aplikasi-aplikasi dan game yang dapat diunduh secara cuma-cuma dan ada juga yang dijual dengan harga yang murah. Namun ada juga dari aplikasi atau permainan tersebut yang menawarkan juga kontent berbayar yang ada pada aplikasi tersebut. Hal itulah yang oleh para orang tua dianggap "menjebak" anak-anak. Karena bisa saja anak mereka tanpa sengaja mengklik iklan penawaran yang ada pada aplikasi tersebut dan melakukan klik yang tanpa sadar membuat terjadinya transaksi pembelian.

Hal tersebut juga yang menjadi sorotan para orang tua, sistem yang dianggap memudahkan anak-anak dalam melakukan transaksi, karena, proses pembelian tidak perlu membutuhkan otentifikasi khusus seperti halnya dalam melakukan pembelian aplikasi. Itulah mengapa bisa terjadi transaksi yang dilakukan oleh anak yang bahkan masih berusia 5 tahun tanpa izin dari orangtua mereka dan tanpa menggunakan password.

Tuntutan seperti diatas pernah juga menghampiri Apple, yang kemudian membuat mereka mengubah sistem pembelian aplikasinya. Nah, sekarang giliran google yang mendapat tuntuan serupa, apakah akan ada perubahan yang dilakukan oleh google nantinya pada sistem pembelian aplikasi mereka? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats