www.olahwarta.com

03 February 2014

Waspada Gunung Kelud

Pradipta Karina

Gunung Kelud
Gambar: BBC Indonesia
Waspada Gunung Kelud - Di Indonesia memang masih banyak terdapat gunungapi yang masih aktif. Setelah pada tulisan sebelumnya ada informasi mengenai Erupsi Gunung Sinabung, kali ini ada lagi informasi mengenai salah satu gunungapi di Jawa Timur, yaitu Gunung Kelud. Status gunung kelud saat ini berstatus waspada. Makna dari status Waspada adalah ada kenaikan aktivitas di atas level normal, apapun jenis gejala diperhitungkan, begitu menurut Sutopo Purwo Nugroho, BNPB, yang dilansir BBC Indonesia. Nah untuk mendapatkan berita terbaru mengenai status gunung kelud saat ini, dapat anda simak pada tulisan dibawah ini, yang disalin dari: http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2014/02/140203_gunungkelud_waspada.shtml

Badan Sar Nasional meminta warga yang tinggal dalam radius 5 km di lereng Gunung Kelud, Jawa Timur untuk mengungsi pasca gunung itu dinyatakan dalam status waspada.

Dalam siaran pers, Kabag Humas Basarnas Moch. Hernanto, mengatakan sudah berkoordinasi dengan tim di Kabupaten Blitar dan Kediri Kota untuk evakuasi warga.
Berita terkait

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Gunung Kelud adalah satu dari 19 gunung api yang berada dalam status waspada.

Namun ia menghimbau masyarakat agar tidak panik dan cemas.

"Gunung api bersifat slow in set, artinya tidak akan tiba-tiba meletus," kata Sutopo dalam keterangan tertulis kepada BBC. "Artinya tidak akan tiba-tiba meletus, ada tanda-tandanya sehingga status gunung punya tahapan yaitu dari normal kemudian menjadi waspada, siaga, dan awas sesuai ancamannya," tambahnya.

Saat ini dari 127 gunungapi aktif di Indonesia, ada 1 gunung berstatus Awas (level IV) yaitu G.Sinabung sejak 24/11/2013.

Ada 3 gunung status Siaga (level III) yaitu Karangetang, Lokon dan Rokatenda. Ada 19 gunung status Waspada (level II) yaitu Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Seulewah Agam, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats