www.olahwarta.com

02 February 2014

Erupsi Gunung Sinabung

Pradipta Karina

Erupsi Gunung Sinabung
Gambar: metrotvnews.com
Erupsi Gunung Sinabung - Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara (Sumut), kembali mengalami erupsi pada hari Sabtu (1/2) kemarin. Dan menurut berita, dikabarkan bahwa terdapat 8 pelajar yang menjadi korban awan panas dari erupsi Gunung Sinabung tersebut. Dan untuk berita selengkapnya mengenai informasi Erupsi Gunung Sinabung tersebut, anda dapat menyimak informasi dibawah ini yang disalin dari: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/02/01/6/212606/Delapan-Pelajar-Jadi-Korban-Erupsi-Gunung-Sinabung

Delapan orang menjadi korban tewas akibat awan panas dari erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara (Sumut), Sabtu (1/2). Dari jumlah itu, empat korban belum berhasil diidentifikasi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Sabtu (1/2), mengaku kemungkinan masih ada korban erupsi yang belum dievakuasi.

"Korban berada di lintasan awan panas di Desa Sukameriah di radius 3 km dari puncak kawah Gunung Sinabung," kata Sutopo.

Menurut info sementara, semua korban adalah pelajar SMA Brastagi dan SMK Kabanjahe yang sedang jalan-jalan melihat Gunung Sinabung di Desa Sukameriah. Korban tewas sudah dibawa di RSU Kabanjahe. Keempat orang itu adalah Alexander Sembiring (warga Simpang Korpri Kabanjahe, pelajar SMA 1 Merdeka), Daud Surbakti (17, Desa Payung, pelajar). Dipa Nusantara (17, SMA Brastagi), dan David (17, siswa 2 STP Simpang Korpri).

"Korban lain belum dapat dievakuasi karena potensi susulan awan panas lokasi TKP. Tim SAR gabungan untuk sementara belum dapat mengevakuasi korban."

PVMBG, sambung Sutopo, menyatakan potensi susulan awan panas masih berpotensi terjadi sehingga evakuasi dihentikan.

Dia mengakui, meskipun upaya pelarangan warga masuk di radius 5 km sebagai daerah terlarang sudah dilakukan melalui banyak hal seperti pemasangan rambu, sosialisasi, penempatan petugas di jalan masuk dan sebagainya, masih ada warga yang masuk di daerah berbahaya. "Untuk itu perlu kerja sama bersama bahwa di radius 5 km dari puncak kawah Gunung Sinabung.
Semoga Erupsi Gunung Sinabung tidak kembali memakan korban, dan juga bencana demi bencana yang terjadi di beberapa daerah lain di Indonesia segera berakhir. Dan bagi saudara-saudara setanah air Indonesia yang kini sedang terlanda bencana baik gunung meletus, banjir, tanah longsor, dan bencana lainnya semoga tetap tabah dan selalu diberi kemudahan dan dalam lindungan Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats