www.olahwarta.com

27 February 2014

Daerah Rawan Dampak Letusan Gunung Marapi

Pradipta Karina

Daerah Rawan Dampak Letusan Gunung Marapi - Beberapa waktu lalu, sudah sama-sama kita ketahui terjadi bencana letusan gunung kelud di Jawa Timur. Kemarin sore, Rabu 26 Februari 2016 sekitar pukul 15.16 WIB kembali terjadi letusan dari salah satu gunung yang ada di Indonesia. Gunung Marapi yang terletak di antara Kabupaten Tanah datar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, kemarin sore kembali meletus.

Gunung Marapi Meletus
Gambar: Tribunnews.com
Status Gunung Marapi saat ini masih waspada atau dengan kata lain berada pada level II. Dengan status tersebut berarti saat ini Gunung Marapi masih berbahaya karena setiap saat bisa saja mengeluarkan gas vulkanik yang membahayakan bagi kehidupan. Seperti ditempat-tempat lain yang terletak didekat gunung berapi, pasti ada beberapa tempat yang rawan terkena dampak jika terjadi letusan atau erupsi gunung tersebut. Tak terkecuali pada daerah sekitar gunung marapi saat ini.

Ada beberapa daerah yang rawan terkena dampak, menurut informasi dari JPNN setidaknya 5 kecematan yang terletak disekitar gunung marapi. 5 kecematan tersebut adalah: Kecamatan Baso, Kecamantan Candung, Kecamatan Ampekangkek, Kecamatan Banuhampu, dan Kecamatan Sungaipua. Adapun wilayah-wilayah yang masuk kedalam 5 kecamatan tersebut diatas adalah sebagai berikut:

  • Kecamatan Banuhampu: Nagari Padang­lua, Nagari Taluak Ampek Suku, Pakan Sinayan, Kubangputih, Ladanglaweh, Cingkariang, Sungaitanang. 
  • Kecamatan Candung: Lasi, candung Kotolaweh, Nagari Bukikbatabuah. 
  • Kecamatan Sungaipua: Nagari Sungaipua, Batagak, Batu Palano, Padanglaweh, Sariak. 
  • Kecamatan Ampekangkek: Nagari Lambah, Panampuang, Ampanggadang, Batu Taba, Biaro Gadang, Balaigurah, Pasia 
  • Kecamatan Baso: Kototinggi, Tabekpanjang.
Semoga saja letusan gunung marapi yang terjadi kemarin, tidak membawa dampak kerusakan maupun korban jiwa bagi saudara-saudara kita yang tinggal di daerah sekitar gunung marapi diatas. Sekian dulu informasi kali ini, simak terus blog olah warta, diusahakan untuk selalu memberikan informasi terbaru seputar letusan gunung marapi dan informasi informasi berita lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats