www.olahwarta.com

16 January 2014

Profil Singkat Dian Fossey

Pradipta Karina


Profil Singkat Dian Fossey
Profil Singkat Dian Fossey - Hari ini, jika kita membuka situs pencarian yang paling populer didunia maya yaitu google, maka akan ditampilkan gambar seorang wanita dan juga sekelompok gorilla. Hal tersebut dilakukan karena Google merayakan ulang tahun ke-82 mendiang zoologis asal Amerika Serikat Dian Fossey dengan membuat sebuah Doodle tersebut. Lalu siapa sih Dian Fossey ?

Profil Singkat Dian Fossey

Berikut adalah profil singkat Dian Fossey yang diambil dari halaman wikipedia indonesia.
Dian Fossey (lahir 16 Januari 1932 – meninggal 26 Desember 1985 pada umur 53 tahun) adalah seorang ahli zoologi dan etologi yang mempelajari keluarga gorila selama bertahun-tahun di Rwanda. Fossey seringkali disamakam dengan Jane Goodall yang terkenal karena penyelidikan tentang simpanse. Di kalangan awam, Dian Fossey dikenal dari film Gorillas in the Mist yang dibintangi oleh Sigourney Weaver.

Dianggap sebagai salah satu ahli primata terkemuka di dunia pada masa hidupnya, Fossey, bersama dengan Jane Goodall dan BirutÄ— Galdikas, dijuluki dengan Trimates, tiga ahli primata yang paling berpengaruh dalam primatologi, yang masing-masingnya meneliti tiga spesies primata berbeda (Fossey meneliti gorila; Goodall meneliti simpanse; dan Galdikas meneliti orangutan).

Dian lahir di San Francisco, Amerika Serikat. Masa kecil Dian tidak bahagia. Ayahnya, George Fossey, bekerja di perusahaan asuransi. Ayahnya menjadi pemabuk diakibatkan antara lain kegagalannya mencari uang untuk mecukupi kehidupan keluarganya. Karena masalah ini, orang tua Dian bercerai pada tahun 1938. Ibunya mendapat uang tunjangan untuk membesarkan Dian dan tak lama kemudian menikah dengan seorang kontraktor. Walaupun Dian tidak sering bertemu dengan ayah kandungnya, ia sangat memuja ayahnya. Ayah kandungnya bunuh diri saat Dian berusia 36 tahun.

Ayah tirinya tidak memperlakukan Dian dengan baik. Ia mengajarkan disiplin keras. Sampai Dian berusia 10 tahun, Dian hanya boleh makan dengan pembantu rumah tangga di dapur. Sejak kecil, Dian sudah menyukai binatang. Namun ia hanya boleh memelihara ikan emas. Ketika ikan ini mati, Dian tidak boleh mengambil binatang peliharaan lagi. Ketika Dian belajar di perguruan tinggi, ayah tirinya tidak banyak menyumbang pembiayaan sekolah Dian

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Dian_Fossey

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats