www.olahwarta.com

07 August 2013

Arus Balik, Mudik, dan Macet Lebaran 2013

Pradipta Karina

Info Arus Balik Lebaran 2013
Arus Balik, Mudik, dan Macet Lebaran 2013 - Alhamdulillah, saya selaku pengelola blog Olah Warta telah mudik sampai kampung halaman tiba dengan selamat. Seperti yang sudah-sudah arus mudik idul fitri selalu diwarnai dengan yang namanya kemacetan. Perjalanan mudik yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 11-12 jam, akhirnya harus ditempuh dengan waktu kurang lebih 25 Jam dengan waktu istirahat jika di total memang cukup lama juga yaitu sekitar kurang lebih 3-4 jam. Namun istirahat tersebut juga kami ambil seringkali dalam kondisi macet yang cukup panjang dan sangat padat.

Arus Balik Lebaran 2013 nanti bukan tidak mungkin akan sama macetnya. Pengalaman 2 tahun yang lalu ketika kembali lagi ke Jakarta, kami harus menempuhnya dalam waktu kurang lebih 36 Jam. Untuk Arus Balik tahun kemarin, saya sendiri memang tidak mengalami kemacetannya karena memang kebetulan sedang di Pulau Borneo, tidak mudik ke Pulau Jawa. Cukup melelahkan terjebak dalam kemacetan yang cukup panjang seperti itu, bahkan boleh dibilang membuat sangat melelahkan.

Memang dengan perkembangan teknologi sekarang ini, info kemacetan arus balik lebaran 2013 nanti bisa lebih mudah didapatkan seperti halnya dengan info arus mudik yang lalu. Info tersebut dapat kita dapatkan melalui akun-akun jejaring sosial milik pribadi, maupun akun jejaring sosial resmi dari instansi-instansi seperti jasa raharja, jasa marga, dan lain-lain.

Namun begitu informasi dari akun-akun jejaring sosial tersebut tidak bisa kita jadikan patokan seutuhnya. Bisa saja update yang diberikan dari akun tersebut berbeda dengan kenyataan di lapangan, karena dalam situasi arus balik lebaran maupun arus mudik lebaran, setiap menit jumlah kendaraan yang melintas di jalan raya sangat banyak sekali. Bisa saja 5 menit sebelum kita sampai di lokasi kita dapat informasi bahwa lokasi tersbut lancar, namun setelah kita tiba di lokasi tersebut sudah terjadi kemacetan yang panjang.

Pemilihan waktu dalam melakukan perjalanan menempuh arus balik lebaran 2013 mungkin bisa dijadikan salah satu cara mengantisipasi agar kita tidak terjebak kemacetan arus balik lebaran. Namun untuk yang berstatus karyawan, hal tersebut mungkin cukup sulit untuk dilakukan, karena biasanya hari libur yang didapatkan hampir sama dengan karyawan-karyawan dari perusahaan lain, dan biasanya semua ingin memaksimalkan waktu liburnya di kampung halaman. Dan ketika akan kembali ke Jakarta, mereka secara serempak meski tanpa aba-aba akan membeli tiket untuk perjalanan kembali ke Jakarta untuk hari keberangkatan yang sama.

Tidak sedikit juga yang menggunakan kendaraan pribadi pun memilih waktu untuk menempuh perjalanan kembali ke Jakarta dihari yang mepet, yang berbarengan dengan para pengguna kendaraan umum. Jadi wajar saja jika arus balik lebaran 2013 nanti rasanya akan diwarnai kembali dengan kemacetan yang dapat menguras konsentrasi dan tenaga, karena jalanan penuh dengan kendaraan para pemudik yang tengah melakukan perjalanan balik ke Jakarta.

Nah segitu aja dulu, semoga perjalanan arus balik lebaran 2013 yang anda tempuh nanti lancar dan aman tanpa halangan apapun. 

0 comments:

Post a Comment

 

Follow / Add Me

Stats